BAB III. AKUNTANSI KOMPARATIF
NAMA : MERI HERLIYANI
NPM : 2A211288
KELAS : 4EB05
MATKUL :
AKUNTANSI INTERNASIONAL
BAB III. AKUNTANSI KOMPARATIF
3.1 Akuntansi
Komparatif I
Sistem akuntansi keuangan di negara berkembang memiliki
ciri-ciri yang berbeda dengan negara maju. Negara berkembang yang akan dibahas
adalah Republik Ceko, RRC, Taiwan, dan Meksiko. Berikut penjelasan mengenai
negara-negara tersebut:
·
Republik
ceko : merupakan perwakilan dari negara berkembang di Eropa. Sejak pecah dari
Uni Soviet pada tahun 1938, Ceko malakukan privatisasi perekonomian. Elemen
utama privatisasi besar tersebut adalah sistem kupon voucher yang
memperbolehkan warga Ceko dewasa untuk membeli voucher investasi sebesar harga
nominalnya. Tahap kedua meliputi pelelangan atau penjualan langsung.
·
Cina:
Merupakan negara yang berpenduduk terbanyak didunia. Oleh karena itu, negara
ini memiliki potensi pasar yang tinggi sehingga menarik negara-negara lain
untuk menanamkan investasinya di Cina. Perekonomian Cina saat ini paling tepat
disebut sebagai perekonomian hybrid dimana negara mengendalikan komoditas dan
industri yang strategis sementara industri lain serta sektor komersial dan
swasta diatur oleh sistem yang berorientasi pada pasar.
·
Taiwan
: Memiliki perekonomian kapitalis yang dinamis dengan pengurangan tuntunan
pemerintah atas investasi dan perdagangan luar negeri secara berlahan-lahan.
Dapat dikatakan bahwa Taiwan memiliki sistem keuangan lebih berdasarkan kredit
yang sama dengan sistem di Jerman dan Jepang daripada sistem berdasarkan pasar
uang.
·
Meksiko
: Secara umum memiliki perekonomian pasar bebas. Reformasi ekonomi pasar bebas
selama tahun 90-an membantu dalam mengurangi inflasi dan memberikan fundamental
ekonomi yang lebih sehat. Meksiko merupakan negara yang memiliki perekonomian
ke sembilan terbesar di dunia dalam hal produk domestik bruto.
REGULASI DAN PENEGAKAN ATURAN
AKUNTANSI REPUBLIK CEKO
Hukum Ceko didasarkan pada sistem hukum kode sipil Eropa
kontinental. Ketentuan ini mencakup ketentuan terhadap laporan keuangan
tahunan, pajak penghasilan, audit dan rapat pemegang saham. Penyajian benar dan
wajar dalam laporan keuangan diatur dalam undang-undang akuntansi. Akuntansi
pajak dan akuntansi keuangan diperlakukan secara berbeda. Namun demikian bentuk
hukum di prioritaskan terhadap substansi ekonomi dalam beberapa kasus.
Akuntansi di republik ceko dipengaruhi oleh hukum komersial, undang-undang
Akuntansi dan keputusan kementrian keuangan. Kementrian keuangan juga mengawasi
komisi pasar modal ceko, yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengamati pasar
modal dan mendorong penegakan undang-undang pasar modal.
RRC
Hukum akuntansi yang diamandemen pada tahun 2000, mencakup
seluruh perusahaan dan organisasi, termasuk yang tidak dimiliki dan tidak
dikendalikan oleh negara. Hukum tersebut menjelaskan prinsip-prinsip umum
akuntansi dan mendefinisikan peranan pemerintah dan masalah-masalah yang
memerlukan prosedur akuntansi. Kementrian keuangan, yang diawasi oleh dewan
negara, merumuskan standar akuntansi dan standar auditing, selain itu
bertanggung jawab atas sebagian besar aktifitas yang mempengaruhi perekonomian.
tanggungjawab tersebut adalah:
1. Merumuskan dan menegakkan kebijakan
yang terkait dengan ekonomi, pajak dan keuangan lainnya.
2. Menyusun anggaran negara dan laporan
fiskal tahunan.
3. Mengelola pendapatan dan pengeluaran
negara.
4. Mengembangkan manajemen keuangan dan
sistem perpajakan.
TAIWAN
Hukum akuntansi Komersial yang diamandemen pada tahun 1987
mengatur catatan akuntansi dan laporan keuangan. Hukum berlaku bagi
perusahaan-perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum perusahaan dan peraturan
bisnis, kecuali persekutuan kecil atau perusahaan perseorangan. Hukum itu juga
menekankan akuntansi keuangan berbeda dengan akuntansi pajak. Standar Akuntansi
ditetapkan oleh komite Standar Akuntansi Keuangan (Financial Accounting
Standards Committee-FASC) dari lembaga pengembangan dan penelitiran akuntansi
(ARDF).
MEKSIKO
Hukum komersial Meksiko didasarkan pada hukum sipil.
Penetapan standar akuntansi menggunakan pendekatan Inggris Amerika atau
anglosaxon. Prinsip akuntansi Meksiko tidak membedakan antara perusahaan besar
dan kecil, dan diterapkan untuk seluruh bentuk badan usaha. Tingkat keharusan
untuk menyusun laporan keuangan yang diaudit berbeda-beda menurut jenis dan
ukuran perusahaan.
PELAPORAN KEUANGAN REPUBLIK CEKO
1. Neraca
2. Akun Laba dan rugi (Laporan L/R)
3. Catatan
CINA
·
Neraca
·
Laporan
laba rugi
·
Laporan
arus kas
·
Catatan
atas laporan keuangan
·
Penjelasan
kondisi keuangan
TAIWAN
·
Neraca
·
Laporan
laba rugi
·
Laporan
perubahan wkuitas pemilik
·
Laporan
arus kas
·
Catatan
MEKSIKO
·
Neraca
·
Laporan
laba rugi
·
Laporan
perubahan Ekuitas pemegang saham
·
Laporan
perubahan posisi keuangan
·
Catatan
PENGUKURAN AKUNTANSI REPUBLIK CEKO
·
Metode
akusisi digunakan untuk mencatat penggabungan usaha.
·
Goodwill
dihapusbukukan pada tahun pertama, diamortisasi kurang dari 15 tahun.
·
Persediaan
dinilai sebesar yang lebih rendah antara biaya perolehan atau nilai pasar, dsb
·
Pajak
penghasilan tangguhan dicatat apabila mungkin terjadi dan dapat diukur dengan
andal.
RRC
·
Metode
pembelian wajib digunakan untuk mencatat penggabungan usaha
·
Goodwill
harus dihapus bukukan selama tidak lebih dari 10 tahun
·
Biaya
historis merupakan dasar untuk menilai aktiva berwujud, revaluasi tidak
diperkenankan
·
Pajak
tangguhan disesuaikan terhadap perubahan tarif pajak selanjutnya.
·
Biaya
peneilitian dan pengembangan dibebankan langsung.
TAIWAN
·
Laporan
keuangan konsolidasi diwajibkan ketika sebuah perusahaan mengendalikan entitas
lain, umumnya dengan kememilikan 50 %
·
Metode
pembelian diwajibkan untuk penggabungan usaha; metode penyatuan tidak digunakan
·
Aktiva
tetap, temasuk tanah dan sumber daya alam, dan akitva tidak berwujud dapat
direvaluasi. Aktiva lain dapat direvaluasi sesuai dengan indeks harga
pemerintah.
·
Persediaan
diasajikan sebesar nilai lebih rendah antara biaya peolehan dan pasar, baik
metode FIFO, LIFO, dan rata-rata merupakan asusmsi arus biaya yang dapat
diterima.
MEKSIKO
·
Laporan
keuangan konsilidasi disusun apabila induk perusahan mengendalaikan perusahaan
lain. Mengadopsi Standar akuntansi Internsional No 21 mengenai translasi mata
uang asing.
·
Baik
metode akuntansi pembelian dan penyatuan kepemilikian untuk penggabungan usaha
dapat dibunakan, tergantung pada keadaanya.
·
Akuntasi
tingkat harga umum digunakan di Meksiko
·
Biaya
penelitian dibebankan pada saat terjadinya
3.2.Akuntansi Komparatif II
Negara yang mengambil pendekatan
yang berbeda untuk merestrukturisasi perekonomian masing masing mengambil
pendekatan yang berbeda pula untuk merestrukturisasi sistemnya masing-masing.
Republik Ceko dan Republik Rakyat Cina (Cina) mengalami resturukturisasi dari
perekonomian terencana secara terpusat menjadi perekonomian yang lebih
berorientasi terhadap pasar. Namun jangkauan reformasi pasar yang dilakukan
oleh kedua Negara tersebut berbeda. Ceko bergerak menuju ekonomi pasar utuh ,
sedangkan Cina mengambil jalan tengah dengan bergerak menuju ekonomi pasar
sosialis, yaitu perekonomian terpusat dengan adaptasi pasar. Repubik Cina
(Taiwan), dan Meksiko merupakan Negara kapitalis, namun secara tradisional
memiliki campur tangan pemerintah pusat yang kuat dan kepemilikan pemerintah
terhadap industri-industri penting. System keuangan kedua negara tersebut
berkembang dalam hal penetapan standard, ketentuan, dan praktik bila
dibandingkan dengan Republik Ceko dan Cina. Tentu, evolusi dalam akuntansi juga
terjadi di Taiwan dan Meksiko, namun tidak secepat dengan apa yang terjadi di
Republik Ceko dan Cina.
ALASAN UNTUK MEMILIH KEEMPAT NEGARA INI
Cina merupakan Negara yang
berpenduduk terbanyak di dunia. Perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia sangat
berkeinginan untuk meakukan bisnis dengan Cina dan perkembangan akuntansi
merupakan bagian yang penting dari perubahan structural yang terjadi di
perekonomian Cina. Ceko merupakan Negara perwakilan Negara-negara bekas anggota
blok Soviet dan perkembangan akuntansinya merupakan perwakilan dari apa yang
ada di Negara bekas blok Uni Soviet lainnya. Taiwan mengalami pertumbuhan
produk domestic bruto yang cepat daam beberapa tahun terakhir, yang didorong
oleh pertumbuhan ekspor hasil industri. Meksiko mengalami reformasi pasar pada
tahun 1990an, yang mencakup penghapusan hambatan yang bersifat proteksionis
terhadap impir, menerima baik investasi asing dan melakukan privatisasi
perusahaan-perusahaan milik Negara.
BEBERAPA PENGAMATAN MENGENAI EMPAT NEGARA DAN AKUNTANSINYA
BEBERAPA PENGAMATAN MENGENAI EMPAT NEGARA DAN AKUNTANSINYA
Walaupun GDP Cina lebih unggul
daripada ketiga Negara lainnya, namun jumlah impor dan ekspor Cina dibandingka
dengan GDPnya menunjukkan betapa tertutupnya perekonomian Cina sekarang. Taiwan
berada dalam posisi yang bertolak belakang. Perekonomian dan pasar modal Taiwan
mengungguli perekonomian dan pasar modal 3 negara lainnya. Perusahaan Cina dan
Meksiko lebih menyukasi Bursa Efek New York dibandingkan dengan Bursa Efek
London, sedangkan perusahaan-perusahaan dari Republik Ceko dan Taiwan menunjukkan
hal yang berkebalikan.
Sistem akuntansi Meksiko
berorientasi pada kewajaran, bukan kepastian hukum. Di republic Ceko, pengaruh
ikatan politik dan ekonomi lebih bersifat harapan ke masa depan daripada fakta
sejarah. Ceko sekarang sedang membentuk akuntansinya sesuai dengan IAS/IFRS
(International Accounting Standard/International Financial Reporting Standard).
Cina mendasarkan standard akuntansinya yang baru pada IAS/IFRS karena Cina
berharap dapat melakukan komunikasi dengan lebih baik kepada investor asing
yang sangat penting bagi rencana pembangunan ekonominya.
EMPAT SISTEM AKUNTANSI NASIONAL REPUBLIK CEKO
Akuntansi di Republik Ceko telah
berubah arah selama beberapa kali pada abad ke-20 yang mencerminkan sejarah
politiknya. Hingga akhir Perang Dunia II, praktek dan prinsip akuntansi
mencerminkan praktak dan prinsip akuntansi yang dianut Negara-negara Eropa yang
berbahasa Jerman. Kemudian, praktik akuntansi didasarkan pada model Soviet
dimana daftar akun seragam, metode akuntansi detail, dan laporan keuangan
seragam yang wajib dibuat oleh seluruh perusahaan. Setelah tahun 1989, Ceko
bergerak dengan cepat menuju perekonomian berorientasi pasar.
Akuntansi di Ceko dipengaruhi oleh
Hukum Komersial, Undang-undang Akuntansi, dan keputusan Kementrian Keuangan. Bursa
efek memiliki pengaruh yang kecil dan meskipun Hukum Komersial berasal dari
Jerman, peraturan pajak tidak berpengaruh secara langsung. Penyajian benar dan
wajar yang diatur dalam Undang-undang Akuntansi dan diambil dari Direktif UE
diinterpretasikan dengan maksud bahwa akun pajak dan akun keuangan diperlakukan
secara beda. Undang-undang auditor disahkan pada tahun 1998. Suatu audit atas
laporan keuangan diwajibkan untuk seluruh perusahaan perseroan dan perusahaan
dengan kewajiban terbatas yang besar.
Laporan keuangan harus bersifat
komparatif, terdiri dari neraca, akun laba dan rugi, catatan. Catatan mencakup
penjelasan atau kebijakan akuntansi dan informasi lainnya yang relevan untuk
menganalisis laporan keuangan, juga berisi laporan arus kas. Namun, perusahaan
kecil yang tidak harus diaudit memiliki ketentuan berupa pengungkapan ringkas.
Perusahaan-perusahaan di Ceko memiliki opsi untuk menggunakan IAS/IFRS atau
standard akuntansi Ceko pada saat menyusun laporan keuangan konsolidasi, namun
perusahaan yang tercatat dalam Pasar Utama Bursa Efek Praha diwajibkan menyusun
laporan keuangan yang diaudit sesuai dengan IAS.IFRS.
Metode akuisisi digunakan untuk
mencatat penggabungan usaha. Goodwill yang timbul dari suatu penggabungan usaha
dihapusbukukan pada tahun pertama konsolidasi atau dikapitalisasi dan
diamortisasi selama tidak lebih dari 15 tahun. Metode ekuitas digunakan untuk
perusahaan asosiasi dan konsolidasi proposional digunakan untuk perusahaan
patungan. Aktiva berwujud dan tidak berwujud dinilai sebesar biaya perolehannya
dan dihapusbukukan selama perkiraan manfaat ekonominya. Persediaan dinilai
sebesar yang lebih rendah antara biaya perolehan atau nilai pasar dan metode
FIFO dan rata-rata tertimbang merupakan asumsi arus biaya yang diperbolehkan. Aktiva
sewa guna usaha umumnya tidak dikapitalisasikan, pajak penghasilan tangguhan
dicatat apabila mungkin terjadi dan dapat diukur dengan handal.
REPUBLIK RAKYAT CINA (CINA)
Sejarah akuntansi Cina berawal pada
tahun 2200 SM selama masa Dinasti Hsiu, di mana akuntansi digunakan untuk
mengukur kekayaan dan membandingkan pencapaian di kalangan bangsawan. Pada
tahun 1949, Cina menerapkan suatu perekonomian terencana yang sangat terpusat,
yang mencerminkan prinsip-prinsip Marxisme dan pola-pola yang dianut Uni Soviet
sehingga sistem akuntansinya seragam berisi seluruh aturan akuntansi yang
mencakup semua hal yang wajib diikuti oleh perusahaan milik Negara di seluruh
Negara Cina. Pelaporan keuangan cukup sering dilakukan dan lengkap. Pelaporan
keuangan menekankan neraca dan akuntansi menekankan perhitungan secara
kuantitas dan perbandingan biaya dan kuantitas. Meskipun demikian, peranannya
dalam pengambilan keputusan masih berada di bawah wewenang pusat. Perekonomian
Cina saat ini disebut juga perekonomian hybrid, di mana Negara mengendalikan
komoditas dan industri yang strategis, sementara sector komersial dan swasta
diatur oleh sistem berorientasi pasar.
Hukum akuntansi yang diamandemen
pada tahun 2000 menjelaskan prinsip-prinsip umum akuntansi dan mendefinisikan
peranan pemerintah dan masalah-masalah yang memerlukan prosedur akuntansi.
Dewan Negara juga telah mengeluarkan Aturan Pelaporan dan Akuntansi Keuangan
bagi perusahaan (FARR-Financial Accounting and Reporting Rules for
Enterprises). Pada tahun 1992, Kementrian Keuangan mengeluarkan Standar
Akuntansi untuk Perusahaan Bisnis (Accounting Standards for Business
Enterprises-ASBE) yang berupaya mengharmonisasikan praktek domestic dan
mengharmonisasikan praktek di Cina dengan praktek di Internasional. Pada tahun
1998, Kementrian Keuangan mendirikan Komite Standar Akuntansi Cina (China
Accounting Standars Committee-CASC) yang bertanggungjawab mengembangkan
standard akuntansi. Proses penetapan ini mencakup pembagian tugas melakukan
penelitian kepada sejumlah gugus tugas, penerbitan draft ekspor, dan dengar
pendapat umum. Komisi Pengatur Pasar Modal Cino (China Securities Regulatory
Commission-CSRC) mengatur 2 bursa efek di Cina: Shanghai yang dibuka pada tahun
1990 dan Shenzhen yang dibuka pada tahun 1991. Komisi tersebut menetapkan
panduan pengaturan, merumuskan, dan menegakkan pengaturan pasar dan menyetujui
penawaran saham perdana dan saham baru. Institut Akuntan Publik bersertifikat
di Cina (Chinese Institute of Certified Public Accountants-CICPA) yang didirikan
pada tahun 1998 berfungsi mengatur audit perusahaan sector swasta. Asosiasi
Auditor Publik Bersertifikat di Cina (Chinese Association if Certified Public
Auditor-CACPA) bertanggungjawab atas audit perusahaan milik Negara dan berada
di bawah wewenang organisasi yang terpisah, Kantor Audit Negara.
Laporan keuangan terdiri dari
neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, catatan atas laporan keuangan, dan
penjelasan kondisi keuangan. Laporan tambahan diwajibkan untuk mengungkapkan
informasi segmen yang konsisten dengan standard internasional. Catatan mencakup
pernyataan informasi mengenai kebijakan akuntansi. Metode pembelian wajib
digunakan untuk mencatat penggabungan usaha dan goodwill harus dihapusbukukan
selama tidak lebih dari 10 tahun. Metode ekuitas digunakan apabila kepemilikan
terhadap perusahaan lain melebihi 20%. Biaya histories merupakan dasar untuk
menilai aktiva berwujud: revauasi aktiva tidak diperkenankan. Metode depresiasi
dipercepat dan unit produksi juga diperbolehkan. FIFO, rata-rata, dan LIFO
merupakan metode penentuan biaya yang diperbolehkan dan nilai persediaan
diturunkan karena penurunan harga dan keuangan. Aktiva tidak berwujud yang
dibeli dicatat berdasarkan harga perolehannya dan diamortisasi selama periode
manfaat. Aktiva direvaluasi apabila terjadi perubahan kepemilikan seperti saat
sebuah perusahaan Negara diprivatisasikan. Tiga metode akuntansi untuk pajak
yang tangguhan yang diperbolehkan:
ü Metode
arus langsung (flow-through), di mana tidak terdapat pajak tangguhan
ü Metode
penangguhan, di mana pajak tangguhan tidak disesuaikan terhadap perubahan tarif
pajak yang selanjutnya
ü Metode
kewajiban, di mana pajak tangguhan disesuaikan terhadap perubahan tarif pajak
selanjutnya.
REPUBLIK CINA (TAIWAN)
Hukum Akuntansi Komersial yang
diamandemen pada tahun 1987, mengatur catatan akuntansi dan laporan keuangandi
Taiwan. Hukum tersebut beraku nagi perusahaan-perusahaan yang didirikan
berdasarkan Hukum Perusahaan dan Aturan Bisnis, kecuali untuk persekutuan kecil
atau perusahaan perseorangan. Hukum tersebut juga menekankan akuntansi keuangan
berbeda dari akuntansi pajak. Standar akuntansi ditetapkan oleh Komite
Akuntansi Keuangan (Financial Accounting Standard Committee-FASC) dari Lembaga
Pengembangan dan Penelitian Akuntansi (Accounting Research and Development
Foundation-ARDF) yang merupakan lembaga swasta nirlaba tetapi diawasi oleh
Kementrian Keuangan. ARDF saat ini telah menegaskan komitmen Taiwan untuk
konverjensi dengan IAS/IFRS. Seluruh proyek baru dan yang telah ada yang
dilaksanakan oleh FASC akan disesuaikan dengan IAS/IFRS.
Hukum Akuntansi Komersial mewajibkan laporan keuangan berikut: neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas pemilik, laporan arus kas, dan catatan. Catatan harus mengungkapkan informasi berikut:
Hukum Akuntansi Komersial mewajibkan laporan keuangan berikut: neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas pemilik, laporan arus kas, dan catatan. Catatan harus mengungkapkan informasi berikut:
~
Ringkasan kebijakan akuntansi yang signifikan
~
Alasan-alasan perubahan atas kebijakan akuntansi
dan pengaruhnya terhadap laporan keuangan
~
Hak
kreditor terhadap aktiva tertentu
~
Komitmen dan kewajiban kontijensi yang berjumlah
material
~
Pembatasan atas pembagian laba
~
Peristiwa penting yang berkaitan dengan ekuitas
pemilik
~
Peristiwa setelah tanggal neraca yang penting
~
Pos-pos lain yang memerlukan penjelasan untuk
menghindari kesalahpahaman atau yang memerlukan klarifikasi untuk membantu
dalam menyiapkan laporan keuangan secara wajar
Laporan keuangan harus komparatif
dan periode fiscal haruslah kalender. Laporan keuangan bank, perusahaan
asuransi, dan perusahaan sekuritas harus diaudit oeh CPA. Perusahaan yang
dijalankan oleh pemerintah diaudit oleh auditor pemerintah.
Metode pembelian diwajibkan untuk penggabungan usaha, metode penyatuan kepemilikan tidak digunakan. Goodwill umumnya dikapitalisasi dan diamortisasi selama paling lama 20 tahun. Metode ekuitas digunakan apabila terdapat kepemilikan di perusahaan lain sebesar 20% atau lebih. Neraca perusahaan asing yang independent dari induk perusahaannya ditranslasikan berdasarkan kurs akhir tahun dan laporan laba rugi ditranslasikan berdasarkan kurs rata-rata. Aktiva tetap dan aktiva tidak berwujud dapat direvaluasi. Persediaan disajikan sebesar nilai yang lebih rendah antara biaya perolehan dan pasar, baik metode FIFO, LIFO, dan rata-rata merupakan asumsi arus biaya yang dapat diterima. Akuntansi untuk sewa guna usaha , kontijensi dan pajak tangguhan konsisten dengan pendekatan AS dan internasional. Jadi, sewa guna usaha pembiayaan dikapitalisasi dan kerugian kontinjensi diakru pada saat mungkin terjadi dan memiliki estimasi yang handal.
Metode pembelian diwajibkan untuk penggabungan usaha, metode penyatuan kepemilikan tidak digunakan. Goodwill umumnya dikapitalisasi dan diamortisasi selama paling lama 20 tahun. Metode ekuitas digunakan apabila terdapat kepemilikan di perusahaan lain sebesar 20% atau lebih. Neraca perusahaan asing yang independent dari induk perusahaannya ditranslasikan berdasarkan kurs akhir tahun dan laporan laba rugi ditranslasikan berdasarkan kurs rata-rata. Aktiva tetap dan aktiva tidak berwujud dapat direvaluasi. Persediaan disajikan sebesar nilai yang lebih rendah antara biaya perolehan dan pasar, baik metode FIFO, LIFO, dan rata-rata merupakan asumsi arus biaya yang dapat diterima. Akuntansi untuk sewa guna usaha , kontijensi dan pajak tangguhan konsisten dengan pendekatan AS dan internasional. Jadi, sewa guna usaha pembiayaan dikapitalisasi dan kerugian kontinjensi diakru pada saat mungkin terjadi dan memiliki estimasi yang handal.
MEKSIKO
Secara umum, Meksiko memiliki
perekonomian pasar bebas: perusahaan yang dimiliki atau dikendalikan pemerintah
mendominasi perminyakan dan sarana umum, sedangkan perusahaan swasta
mendominasi manufaktur, konstruksi, pertambangan, hiburan, dan jasa. Reformasi
ekonomi pasar tahun 1990an membantu dalam mengurangi inflasi, meningkatkan
tingkat pertumbuhan ekonomi, dan memberikan fundamental ekonomi yang lebih
sehat. Ciri penting akuntansi Meksiko adalah penggunaan akuntansi tingkat harga
umum yang komprehensif sebagai dasar pengukuran.
Hukum Komersial Meksiko dan hukum
pajak penghasilan berisi ketentuan-ketentuan mengenai pembuatan ringkasan
catatan akuntansi tertentu dan penyusunan laporan keuangan, namun pengaruh
keduanya terhadap pelaporan keuangan secara umum terbilang minimal. Institut
Akuntan Publik Meksiko (Instituto Mexicano de Contadores Pubicos) menerbitkan
standard akuntansi dan auditing di Meksiko. Meskipun sistem hukumnya didasarkan
pada hukum sipil, penerapan standard akuntansi di Meksiko menggunakan
pendekatan Inggris-Amerika atau Anglo Saxon, dan bukan pendekatan Eropa
Kontinental. Prinsip akuntansi Meksiko tidak membedakan antara perusahaan besar
dan kecil., dan diterapkan untuk seluruh bentuk badan usaha.
Tahun fiscal perusahaan Meksiko
harus bersamaan dengan tahun kalender. Laporan keuangan konsolidasi komparatif
harus disusun terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas
pemegang saham, laporan perubahan posisi keuangan, dan catatan. Catatan
mencakup:
~
Kebijakan akuntansi perusahaan
~
Kontinjensi dalam jumlah material
~
Komitmen pembelian aktiva dalam jumlah besar atau
berdasarkan kontrak sewa guna usaha
~
Detail utang jangka panjang dan kewajiban dalam
mata uang asing
~
Pembatasan terhadap dividen
~
Jaminan
~
Program pensiunan karyawan
~
Transaksi dengan pihak berhubungan istimewa
~
Pajak penghasilan
Baik metode akuntansi pembelian dan
penyatuan kepemilikan untuk penggabungan usaha dapat digunakan, tergantung pada
keadaannya. Goodwill diamortisasi terhadap laba selama periode ekspektasi
manfaat, yang dibatasi selama 20 tahun. Akuntansi tingkat harga umum digunakan
di Meksiko. Biaya histories aktiva nonmoneter disajikan ulang berdasarkan daya
beli terkait dengan menerapkan factor yang diambil dari Index Harga Konsumen
Nasional (National Consumer Index Price-NICP).
Sumber :
ucupneptune.blogspot.com
Komentar
Posting Komentar